Senin, Juni 06, 2016

Donor Darah itu Menyenangkan! :D




source:  Group Facebook KSR PMI UNIT SUB PGSD TEGAL FIP UNNES

Donor darah… kalo denger kata itu suka sedih rasanya :( tau kenapa? Karena sejak dulu setiap kali PMI bekerja sama baik dengan PMR maupun KSR mengadakan event donor darah di instansi pendidikan tempat aku mengenyam pendidikan SMA maupun kuliah, aku itu gak pernah lolos dari tahap berat badan :( padahal makan udah banyak, tapi berat badan selalu kurang dari persyaratan.. yang kurang 1kg atau 2kg-lah :( kan sedih banget. 

Keinginanku untuk menjadi relawan donor darah itu udah lama banget, udah sejak aku duduk dibangku SMP. Tapi berhubung di SMP-ku gak ada yang namanya PMR dan waktu aku SMP itu aku anak rumahan jadi agak susah buat nyari info perihal event donor darah dari PMI :” baru ada itu pas masuk SMA. Tapi, pas di SMA terkadang moment event donor darahnya itu gak tepat, karena entah kenapa pasti pas akunya lagi datang bulan huhuhu hiks :” trus juga ya, itu salah satu faktornya berat badan aku kuraaangg… sementera persyaratan untuk bisa lolos tahap berat badan itu minimal harus 45kg, sedangkan aku?? Cuman 43kg, kan ngenes :” harapanku gak putus begitu saja.. aku masih terus berusaha buat makan banyak dan makanan bergizi (bagiku hehehe) untuk nambahin berat badan, tapi untuk kesekian kalinya aku harus menelan pil kepahitan bahwa aku gak bisa lolos lagi di tahap berat badan karena berat badanku pun gak bisa naik-naik. Apa yang salah coba?? :”

Akhirnya akupun lulus dari bangku SMA dan melanjutkan ke bangku kuliah. Disitu aku berpikir bahwa pasti kali ini aku bisa melakukan misi(?) untuk donor darah ini. Meskipun banyak teman yang bilang “Kamu mau donor darah? Yakin bisa?” karena ngeliat badan aku yang kecil, tapi aku gak patah semangat! Aku tetap ikut setiap event donor darah di kampus yang ada, walaupun harapan bagiku kecil karena berat badanku gak bisa naik-naik meskipun udah makan banyak. Pernah waktu itu berat badannya mencukupi, tapi keadaan tubuh lagi gak fit jadinya disaranin jangan dulu.. :” 

Terkadang pun aku iri sama mereka-mereka yang punya berat badan mencukupi, tapi kenapa mereka gak berani buat donor darah? Atau mereka punya riwayat penyakit yang gak ngebolehin mereka donor darah? Atau mereka takut jarum suntik? Takut darah mereka habis? Atau punya phobia darah? Atau ada kemungkinan lainnya? Andai saja aku memiliki alat untuk menambah berat badan atau meminjam berat mereka untuk melakukan kegiatan kemanusiaa ini, donor darah.. mendonorkan beberapa liter darahku untuk mereka yang membutuhkan.. 

Memang untuk saat ini mungkin aku belum bisa jadi relawan donor darah, tapi aku yakin suatu saat nanti pasti aku bisa melakukannya. Karena entah kenapa ada yang membuatku ingin sekali melakukan donor darah.. aku s’lalu berharap dan berdo’a agar selalu diberikan kesehatan dan agar keinginanku untuk berdonor darah dapat terkabul. Mungkin bagi sebagian orang dan/atau pembaca ini adalah sesuatu yang konyol. Tapi, bagiku ini tidak.. :”) aku sudah biasa dipandang aneh, karena cara berpikirku memang berbeda dari yang lainnya.

Mungkin tulisan ini juga gak ada hubungannya dengan PMI, donor darah, dan kawan-kawannya. Karena tulisan ini juga merupakan curahan hatiku yang ingin menjadi relawan donor darah, namun sampai detik pembuatan tulisan ini aku belum juga dapat melakukannya. Tapi, lewat tulisan ini aku cuman mau bilang kalo donor darah itu sesuatu yang menyenangkan, karena kita bisa berbagi dengan sesama. Berbagi tidak harus melulu soal uang, tapi lewat apapun itu bisa. Dan salah satunya menurutku ya, donor darah ini. Selain kita bisa berbagi, kita juga akan mendapatkan manfaat lainnya, yaitu tubuh bisa jadi lebih sehat hati senang.
Lagipula donor darah itu gak sakit kok, gak sesakit kalian diputusin kekasih kalian yang sampe nangis-nangis. Pokoknya kalian ikhlas aja klo mau sumbangin darah kalian ke yang membutuhkan, pasti rasanya jadi enak kok… ya, meskipun aku belum ngalamin. Tapi, aku punya keyakinan itu. :) so, buat kalian-kalian yang mau donor darah tapi masih takut dan berpikir-pikir ulang, jangan pernah takut yaa.. karena donor darah bukan sesuatu hal yang untuk ditakuti. :D karena di setiap kita melakukan donor darah, menjadi relawan donor darah selalu ada PMI disisi kalian yang bakal kuatin kalian. Hehehe.

Sekian coretan Hoshi malam ini, semoga pembaca merasa terhibur hehehe dan gak takut lagi buat donor darah. Donor darah itu menyenangkan! :D
-Terima Kasih-
Posted on by Hoshichan | No comments

0 komentar:

Posting Komentar