Minggu, Maret 24, 2013

Gabungan Bunyi Angka

Orang Jepang kadang-kadang membuat kalimat dengan menggunakan angka. Contohnya angka "49" diucapkan "shi+kyū" = 至急 (shikyū)" digunakan untuk menyatakan arti "darurat/SOS". Angka "889" diucapkan "ha+ya+ku = 早く(hayaku)" mempunyai arti "cepat". Aturannya yaitu hanya menyambungkan bunyiangka menjadi huruf yang mempunyai arti.
Baiklah kita coba soal berikut. Mari kita pikirkan angka berikutnya artinya apa?
  1. 4696
  2. 14106 

    Soal no.1 4696 karena bunyinya "yon+roku+shi+ku" maka dapat diucapkan menjadi "Yoroshiku" yang artinya "mohon bantuannya".
Soal no.2 14106 agak sedikit sulit, angka "1" karena terlihat seperti huruf 'I' dalam bahasa Inggris, maka dibaca `ai`, angka "4" dibaca `shi`, selanjutnya "10" dibaca 'ten' diubah menjadi `te`, dan angka "6" dibaca 'roku' diubah menjadi `ru`. Sehingga angka "14106" dibaca "Aishiteru" artinya "Saya cinta kamu".

Dalam bahasa Jepang ada berbagai macam cara baca, misalnya angka 1 dibaca ichi, hitotsu, hi, dan lain-lain. Selain itupun ada "one" dengan menggunakan cara baca bahasa Inggris, kemudian dari bentuknya terlihat seperti I dan lain-lain sehingga cata membacanya pun akan meluas tanpa batas

Alasan menggunakan gabungan bunyi angka ini yaitu ingin memberikan arti pada angka. Gabungan angka yang paling sering dijumpai adalah nomor telepon toko dan lain-lain. Nomor telepon berikut menurut toko apa? Kemudian, tanggal berikutnya ini menurut Anda menunjukkan peringatan hari apa?

Nomor telepon : 3. 0141; 4. 4126; 5. 6480; 6. 0304
Hari apa : 7. tanggal 22 November; 8. tanggal 29 setiap bulan

Inilah jawabannya :
Soal no. 3, angka "0141" karena dibaca "O+i+shi+i = oishii (enak)" maka angka ini menyatakan restoran.
Soal no. 4, angka "4126" karena dibaca "Yo+i+fu+ro = yoifuro (pemandian air panas yang bagus)" maka angka ini menyatakan pemandian air panas onsen.
Soal no. 5, angka "6480" karena dibaca "Mu+shi+ba+zero = mushibazero (tidak ada gigi berlubang)" maka angka ini menyatakan dokter gigi.
Soal no. 6, angka "0343" karena dibaca "O+sa+shi+mi = osashimi (nama makanan Jepang berupa ikan/udang/cumi mentah)" maka angka ini menyatakan rumah makan Jepang/toko masakan Jepang.
Soal no. 7, tanggal "22 November" karena dibacanya "yo+i+fuufu = yoifuufu (suami-istri yang baik)" maka tanggal itu dipakai untuk Hari Suami-Istri.*)
Soal no. 8, tanggal "29" karena dibacanya "Ni+ku = niku (daging)" maka tanggal tersebut dipakai untuk menyatakan Hari Daging.**)

 *) Pada Hari Suami-Istri dihimbau untuk rukun dan tidak bertengkar.
**) Pada Hari Daging ada diskon untuk daging tiap tanggal tersebut tiap bulannya. (maka kemungkinan toko daging penuh pada tanggal itu).

Bagaimana seandainya kita pakai aturan ini dalam bahasa Indonesia, seperti bilangan "17 = se+tujuh" untuk menyatakan kata "setuju"? Namun, dalam bahasa Indonesia cara baca bilangan pada dasarnya hanya satu maka variasi gabungan akan terbatas (yah, kecuali bagi anak 4l4y...hehehe #gomen ne~). Silahkan mencoba untuk membuat gabungan bunyi angka. Apa jadinya? :)

Source : mana saja :D

  

2 komentar:

  1. source : buku bahasa jepang sakura japan foundation kelas XI

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe emang sih, tapi itu aku dapetny di kelas XII
      awalnya emang mau aku kasih source itu ta;i terlanjur di tulis gitu ama yang posting,
      makasii udah ingetin :)

      Hapus